Media Fisik Jaringan

a)  Ethernet Card
Pertama kali dikembangkan oleh Xerox Corp tahun 70-an dan popularpada tahun 80-an yang diterima sebagai keluarga IEEE802.3.Bekerjaberdasarkan broadcast network dimanasetiap node menerimakiriman data oleh node lain. Panjang data maksimum hingga 1,5Kbyte. Memiliki alamat yang dirancangoleh pabrik sebagai identitastiap ethernet. Kecepatan yang dimiliki sekarang telah mencapai 100Mbps – 1 Gbps dan bersifat Plug and Play, artinya secara otomatisdapat terdeteksi oleh sistem operasi Linux dan Windows ketika dipasang di komputer.

Cara kerja :
Node akan mengirimkan paket data dengan melihat terlebih dahulukesibukan network (jaringan). Jika sibuk akan menunggu sampaisepi, barulah node mengirimkan paketnya. Jika terjadi tabrakan(collision) data kedua node mengirimkan sinyal kedalam jaringan,kemudian node akan berhenti mengirimkan data, dan setelahjaringan sudah tidak sibuk maka secara acak (random) salingmencoba mengirim kembali.

b)  Hub / Switch
Hub / Switch berfungsi sebagai konsentrator yang menghubungkan
beberapa komputer dalam satu jaringan juga untuk menghubungkan
beberapa segmen kabel agar dapat menjangkau jarak yang lebih
luas. Hub / Switch tidak memiliki mikroprosessor. Cara kerjanya
adalah untuk memperkuat sinyal.


c)  Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Kabel UTP umumnya menggunakan 24 AWG. Dibutuhkan konektorRJ-45 dan Crimp tool untuk memasangkan kabel ke konektornya dantidak ada persilangan antar kaki konektor. Terdiri atas pasangan awat Rx (Receive) dan Tx(Transmit).


d)  Konektor RJ 45
Konektor RJ 45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP dan Hubatau antar kartu jaringan dengan Hub. Sedangkan ika pada jaringan per to peer (antar 2 komputer) dapat digunakan untuk enghubungkan antar kartu ethernet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma dan Flowchart

Mengenal MacOS