CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI WINDOWS XP

a. Hidupkan komputer
b.Setting boot pertama menjadi CD-ROM lewat BIOS sambil masukanCDWindows XP
c. Proses instalasi Windows XP pun segera mulai. Dalam beberapa saat setelah booting,layar monitor akan menampilkan pesan “Welcome to Setup”. Tekan[Enter] pada keyboard Anda.



d. Anda akan disodori berbagai persyaratan dan Licensing Agreementyang harus Anda setujui.Tekan [PageDown] untuk ke halamanberikutnya, dan [PageUp] untuk mundur ke halaman sebelumnya.Jika setuju, tekan [F8].CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI



e. Layar selanjutnya akan menampilkan keterangan tentang kapasitas harddisk. Untuk membagi-baginya menjadi beberapa partisi, tekan[C]. Dan untuk langsung ke proses instalasi, tekan [Enter].



f. Setelah partisi terbentuk, proses berikutnya adalah memformat harddisk. XP memiliki kemampuan untuk melakukannya secara otomatis.Pilih format partisi dengan sistem file NTFS yang normal (tanpatambahan “Quick”), lalu [Enter].Selama format berlangsung akan muncul progress-nya, begitu juga saat proses setup sampai pada penyalinan file ke folder instalasi Windows. Proses ini memerlukan waktu beberapa menit.



g. Setelah proses copy selesai, Anda harus me-restart PC Anda.
Namun sebelumnya cek terlebih dahulu floppy drive Anda, apakah
terdapat disket di dalamnya atau tidak. Jika ada,keluarkan terlebih
dahulu disket tersebut, karena bisa mengganggu proses booting.
Setelah itu tekan [Enter] untuk mulai merestart PC.






h. Muncul boks Regional and Language Options untuk memilih lokasi(negara)dan bahasa yang digunakan. Klik [Customize] untukmengubahnya dansesudahnya klik [Next >]. Isi nama Anda dan klik[Next >].



i. Berikutnya, masukkan nomor serial (CD key) Windows XP ke kotak yang tersedia. Angka-angka tersebut bisa Anda lihat pada labelstiker kuning di bagian belakang kemasan CD. Lalu klik [Next >].




j. Isikan nama komputer dan tentukan password administrator. Ulangi password tersebut untuk konfirmasi. Selanjutnya klik [Next >].


 k. Muncul boks Modem Dialing Information, yang meminta Anda
memilih lokasi (negara), mengisi kode area kota (telepon) Anda,
berikut keterangan jika menggunakan media lain. Tersedia dua
pilihan sistem telepon, yaitu tone dan pulse. Klik [Next >]sesudahnya, lalu cocokkan tanggal dan jamnya, serta pilih time
zone. Klik [Next >] lagi.




l. Masukkan password administrator untuk login. Setelah desktop XP terbuka,Anda bisa mengikuti Windows XP Tour untuk lebih mengenal berbagai fitur menarik dalam sistem operasi tersebut.



Sempurnakan computer dengan menginstal driver hardware yang tidak disupport oleh Windows XP atau konfigurasi lainnya. Tambahkan aplikasi yang diinginkan. Untuk mengetahui hardware yang tidak di support oleh Windows 98 caranya adalah Control panel lalu pilih System dan pilih Device Manager. Hardware yang tidak di support oleh Windows XP akan di tandai dengan symbol tanda tanya “?” di depan nama hardware.Driver hardware yang biasanya tidak di support oleh system operasi adalah Sound card, VGA card dan LAN card.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Fisik Jaringan

Algoritma dan Flowchart

Mengenal MacOS